Rabu, 24 Januari 2018

SEJARAH BRAJAMUSTI

Sepak bola tidaklah lenggkap tanpa suporter karena suporter adalah pemain ke duabelas sebagai pelecut semangat buat para pemain yang ada dilapangan. apalagi suporter di indonesia yang terkenal fanatiknya, sampai rela mengorbankannyawanya demi team kesayangannya.
salah satu team di inSdonesia yaitu PSIM JOGJA yang mempunyai suporter fanatik dan mempunyai basis yang cukup besar di indonesia yang tersebar di DIY dan sekitarnya. suporter itu mempunyai sebuah wadah yang disebut BRAJAMUSTI (BRAYAT JOGJA UTAMA SEJATI).dan ini lah sejarah singkat terbentuknya brajamusti.
sebelum berdirinya wadah suporter BRAJAMUSTI, dahulu suporter PSIM disebut PTLM (paguyuban tresno laskar mataram). dan mengadakan tour diberbagai kota untuk mendampingi team kesayangannya yaitu PSIM JOGJA bertanding. Pada hari Rabu (15 april 98) dilangsungkan pertandingan sepakbola di Solo,antara PSIM Yogyakarta dengan ARSETO - Solo. Keributan antar suportermenjadi seru gara-gara ada gejala lempar batu, dan menjadi ganas karenaseorang pemain PSIM yang sedang pemanasan (akan menjadi pengganti) kenalemparan batu di kepalanya, pingsan cukup lama. Suporter PSIM kemudian ributdan mendobrak pagar pembatas untuk masuk lapangan, tetapi dicegah aparatkeamanan.Selesai pertandingan, keributan antar suporter masih terjadi di luarstadion, sehingga beberapa mobil rusak, diantaranya mobil milik perwiraKopassus ada yang kena lemparan batu.Ketika pulang ke Yogya, rombongan suporter Paguyuban Tresno Laskar Mataram (sekitar 36 bus) dan kendaraan pribadi dikawaloleh polisi, melewati komplek Kopassus Kandang Menjangan Kartosuro.Rombongan dicegat, dan dibelokkan masuk ke komplek Koppassus. Kaca-kaca busdirusak dengan popor senapan, semua penumpang disuruh bukak baju (padahalmalam hari), tanda identitas (KTP atau SIM) ditahan, di bariskan dandikampleng, dipukuli, ditendang, bahkan ada yang diinjak-injak olehKoppassus. Salah satu supir bus ada yang luka parah. Sambil berbuatsemena-mena, para militer mengeluarkan ucapan-ucapan kotor dan biadab,antara lain: "ayo makan batu saja" - " Biar cuma kopral saya bisa ngamplengikamu" - " wah ini mesthi ada yang mahasiswa demonstran" - " wah ini gali,pakai tato"; dan lain sebagainya.Sementara itu Sri Sultan Hamengku Buwono ke X, yang ikut menyaksikansepakbola, sudah pulang duluan. Kemudian menerima telpon tentang kasustersebut, dan balik kembali ke Kartosuro. Begitu Sri Sultan datang, komandanKoppasus merasa sungkan dan dilakukan perundingan. Akhirnya semua busdilepaskan, kartu identitas dikembalikan. Bus-bus dengan penumpang lukaparah, sebagian pulang masuk Yogya jam 02.00 malam, dan ada satu bus yangbaru pulang sampai Yogya jam 04.00 pagi.Masyarakat Yogya sangat menyesalkan tindakan para anggota Kopassus, yangnyata-nyata jauh menyeleweng dari falsafah Pancasila, Sumpah Prajurit danSapta Marga.Sebuah pasukan elit yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, ternyata mentalnya sangat jelek sekali.


Laskar Hooligans bersama laskar-laskar lainnya seperti “Baju Barat, Mataram Grassroot, Dakota, Mataram United dll telah menjadi embrio pembentukan wadah suporter brajamusti wadah suporter PSIM.. Diawali pertemuan laskar-laskar suporter PSIM di wilayah laskar Mataram grassrot dilanjutkan di laskar Dakota dan pertemuan terakhir di Balai Kampung Mangkukusuman di tempat markas laskar Hooligans yang diikuti 21 perwakilan laskar-laskar PSIM Jogja sepakat untuk membuat wadah organisasi supporter PSIM melalui sayembara di KR yang diikuti oleh seluruh masyarakat jogja dan sekitarnya.



Seiring waktu dengan selesainya sayembara maka pemenangnya disepakati wadah supporter baru bernama “BRAJAMUSTI”. Dan presiden pertama Brajamusti yang terpilih secara aklamasi yaitu H.Guntur Artamadji dari ketua laskar Hooligans. Peran besar laskar Hooligans masih berlanjut dari awal-awal berdirinya Brajamusti yaitu dengan dipakainya markas Hooligans Balai kampung Mangkukusuman sebagai tempat rapat-rapat brajamusti dan rumah Presiden Brajamusti sebagai sekretariat Brajamusti di jalan sutomo 14 Jogja. Seiring perkembangan waktu laskar Hooligans ikut aktif dalam acara-acara yang diadakan oleh Brajamusti seperti tour, kegiatan sosial, aktif kepengurusan DPP dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS TIK

TUGAS POWER POINT